Sunday 12 November 2017

MANAJEMEN KONTROL KEAMANAN



KEAMANAN SISTEM INFORMASI

            Keamanan Sistem Informasi adalah suatu upaya atau usaha khusus diperuntukkan untuk melindungi, mengamankan aset-aset informasi terhadap ancaman yang mungkin akan timbul serta membahayakan aset informasi tersebut, entah itu terkena ancaman dari internal maupun eksternal. Tujuan dari Keamanan Sistem Informasi yaitu salah satunya menjaga keamanan dari sumber-sumber informasi. Sebuah informasi sangatlah penting seringkali menyebabkan informasi tersebut hanya boleh diakses oleh orang-orang tertentu. Semisal saja suatu perusahaan, jatuhnya informasi tentang perusahaan tersebut ke tangan pihak lain (pihak lawan bisnis) menyebabkan kerugian bagi pemilik informasi (perusahaan).

            Untuk mengamankan sebuah Sistem Informasi, ada aset yang harus dilindungi. Aset Sistem Informasi yang harus dilindungi melalui sistem keamanan dapat diklasifikasikan menjadi 2 yaitu :
1.      Aset Fisik
Aset fisik adalah bentuk properti atau peralatan yang dapat dilihat fisik atau wujudnya. Contoh aset fisik yang harus dilindungi pada Sistem Informasi adalah sebagai berikut:
a.       Personnel
Siapa saja yang terlibat dalam sebuah sistem informasi manajemen tersebut. Orang-orang yang terlibat dalam hal ini maka patut dilindungi dalam menjaga keamanan Sistem Informasi.
b.      Hardware
Merupakan perangkat keras yang digunakan dalam informasi manajemen yang patut dilindungi termasuk  media penyimpanan, dan periperalnya.
c.       Fasilitas
Dalam Sistem Informasi pastinya terdapat sebuah informasi yang efektif, efesien, dan mudah diakses. informasi yang seperti ini merupakan salah satu contoh fasilitas didalam sebuah sistem informasi yang dilindungi.
d.      Dokumentasi
Dalam Sistem Informasi biasanya dalam bentuk naratif seperti dokumen system dan program, dokumen database, kontrak, surat asuransi dan lain-lain.
e.       Persediaan
Dalam Sistem informasi contoh persediaannya adalah formulir pracetak, kertas, kaset, dan lain-lain.

2.      Aset Logika
Aset logika meliputi data/informasi dan software. Dimana data/informasi dan software ini aset yang sangat penting untuk dilindungi dalam sistem informasi manajemen.
a.       Data/Informasi
b.      Software (Sistem dan Aplikasi)

Gambar dibawah memaparkan kategori aset sistem informasi yang dilindungi.


No comments:

Post a Comment